Pages

Sabtu, 29 September 2012

JANCOK !!!

Hai.. ketemu lagi cok.. dulu aku dah pernah janji buat ngulas yang namanya kata "jancok".. Bagi kalian yang orang jawa timur, pasti sudah tak asing lagi dengan kata jancok, tapi buat kalian yang yang blum tau silahkan simak neh ulasan...kata ini sangat terkenal di jawa timur, Bahkan orang-orang di jawa tengah dan jawa barat pun sering mengucapkan kata ini. Lantas apa sebenarnya arti kata Jancok dan bagaimana asal mulanya bisa terbentuk kata ini.

Jancok atau dancok adalah sebuah kata khas Surabaya yang telah banyak tersebar hingga meluas ke seantero Indonesia bahkan sudah mendunia. Warga Jawa Timur seperti Surabaya, Malang dll turut andil dalam penyebaran kata ini.

Jancok berasal dari kata 'encuk' yang memiliki padanan kata bersetubuh atau fuck (Fornication Under Consent of The King (Hubungan intim telah mendapatkan ijin dari raja)) dalam bahasa Inggris. Berasal dari frase 'di-encuk' menjadi 'diancok' lalu 'dancok' hingga akhirnya menjadi kata 'jancok'.

Kata 'jancok' bisa diungkapin secara lengkap atau cuma sebagian yaitu.. 'ancok', 'cok', atau malah ditambahi seperti 'mbokne ancok'(mother fucker)...

Makna asli kata tersebut sesuai dengan asal katanya yakni 'encuk' lebih mengarah ke kata kotor bila kita melihatnya secara umum. Normalnya, kata tersebut dipakai untuk menjadi kata umpatan pada saat emosi meledak, marah atau untuk membenci dan mengumpat seseorang.

Namun, sejalan dengan perkembangan pemakaian kata tersebut, makna kata jancok dan kawan-kawannya meluas hingga menjadi kata simbol keakraban dan persahabatan khas (sebagian) arek-arek Suroboyo.

Kata-kata ini bila digunakan dalam situasi penuh keakraban, akan menjadi pengganti kata panggil atau kata ganti orang. Misalnya, "Yoopo kabarmu, cok", "Jancok sik urip ae koen, cok?". Serta orang yang diajak bicara tersebut seharusnya tidak marah, karena percakapan tersebut diselingi dengan canda tawa penuh keakraban dan berjabat tangan dong... Hehehehe....

Kata jancok juga bisa menjadi kata penegasan keheranan atau komentar terhadap satu hal. Misalnya "Jancok! Ayune arek wedok iku, cok!", "Jancok ayune, rek!", "Jancok eleke, rek", dll. Kalimat tersebut cocok dipakai bila melihat sesosok wanita cantik yang tiba-tiba melintas dihadapan. Hehe...

Akhiran 'cok' bisa menjadi sebuah tanda baca dalam percakapan kalo penuturnya kerap menggunakan kata jancok dalam kehidupan sehari-hari. "Wis mangan tah cok. Iyo cok, aku kaet wingi lak durung mangan yo cok. Luwe cok.".

Kata 'jancok' mang sangat mudah buat diucapin n bikin para pencoba pasti dijamin ketagihan.. salah satu anggota KOPIRENG yang fasih banget dalam bertutur kata 'jancok' adalah Hadi,, ni orangnya..
dia orangnya tidak rasis.. tua muda, besar kecil, cewek cowok, kenal ga kenal semua pasti kena kata2 'jancok' nya.. tapi bukan brarti dia pemarah... dia sangat baik dan sabar.. meskipun otak orang ini berkomposisi :
per 1 g otak mengandung :
kata 'jancok' yang mengakibatkan emosi tinggi.......................1% 
kata 'jancok' yang mengakrabkan hati .................................99%

hahahaha....... kanggo arek KOPIRENG dan para penikmat kata 'jancok', pas susah, ngomong jancok, pas seneng, ngomong jancok, pas lapo ae, bersama2 kita katakan jancok !!!

SALAM KOPIRENG !!!
SALAM JANCOK BUAT SEMUANYA !!!

thanks for this site, n this site

2 komentar: