Pages

Rabu, 15 Agustus 2012

Telekomunikasi Jawa-Sumatera Siap untuk Mudik

Perawatan BTS di Karimun Jawa

Kementerian Komunikasi telah jajal jaringan telekomunikasi jalur mudik

VIVAnews - Musim mudik telah tiba, jaringan telekomunikasi telah siap menghadapi lalulintas telekomunikasi sepanjang masa mudik. Setelah melakukan test drive jaringan telekomunikasi ke daerah mudik pada 6 Agustus lalu, Kementerian komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis hasil test drive jaringan telekomunikasi.
Dalam keterangan tertulisnya, Selasa 14 Agustus 2012, Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo, Gatot Dewa S Broto, mengatakan test drive telah berhasil mengukur beberapa parameter.

Parameter pengecekan yang diuji yaitu success call, call success time dan connection time, endpoint Service Availability Performance baik on net maupun off net, tingkat dropped call dan blocked call, kinerja layanan pesan singkat (secara statik), di mana sesuai ketentuan maksimum 3 menit delivery, juga untuk diketahui average speed. Metode pengecekan, kata Gatot dilakukan dengan test call yang dilakukan dalam posisi tidak bergerak, drive call yang dilakukan dalam posisi berkendara, maupun menggunakan peralatan paramater test.

Pengecekan melalui rute  Jakarta-Cirebon- Tegal- Semarang, Jakarta-Bandung-Nagrek-Tasik, Jakarta-Merak-B andar Lampung, Semarang-Solo-Madiun-Surabaya.  Di samping itu juga dilakukan pengecekan terhadap lintasan tertentu yang diperkirakan menjadi area kemacetan saat arus mudik dan arus balik di Merak, Cikampek, Cirebon, Brebes, Lingkar Nagreg, Sumpiuh, Fly Over Kalibanteng, Lingkar Ambarawa hingga Porong Sidoardjo.

Adapun hasil pengecekan:
Posisi Drive Test
- Jakarta-Semarang:
?       Block Call 1,93 persen
?       Drop Call 1,17 persen
?       Successful Call 96,90 persen

- Semarang-Surabaya:
?       Block Call 0,74 persen
?       Drop Call 0,44 persen
?       Successful Call 98,82 persen

Berdasarkan regulasi, batas drop call adalah kurang dari 5 persen dan jumlah successful call  lebih dari 90 persen

Posisi Static Test
- Jakarta-Tasikmalaya:
?       Block Call 0,30 persen
?       Drop Call 0,00 persen
?       Successful Call 99,70 persen

- Semarang-Surabaya:
?       Block Call 1,46 persen
?       Drop Call 0,06 persen
?       Successful Call 98,48 persen

Berdasarkan regulasi, batas drop call adalah  kurang dari 5 persen, dan jumlah successful call  lebih dari 90 persen

SMS On-net dan Off-net

Hampir semua operator, pengiriman setiap SMS yang telah berlangsung kurang dari 3 menit mencapai 100 persen. Sesuai regulasi, pengiriman SMS kurang dari 3 menit harus lebih besar 75 persen.

“Semua infrastruktur jaringan telekomunikasi pada jalur mudik di Pulau Jawa dan Sumatera sepenuhnya siap untuk melayani pengguna yang melakukan perjalanan mudik,” kata Gatot.

Kementerian Kominfo dan BRTI tetap meminta para operator telekomunikasi untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi
kenyamanan para pengguna layanan telekomunikasi. Tim test drive sendiri terdiri dari rombongan konvoi Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Kominfo dan sejumlah operator seluler seperti Telkom, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Huchitson CP
Telecommunication, Axis Telecom, PT Smart Fren, PT Smart Telecom, PT Sampoerna Telecom Indonesia, dan PT Bakrie Telecom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar