Pages

Selasa, 14 Agustus 2012

Tiga Situs Populer Jadi Korban Gangguan IDC

Ruang Server

Detik.com, Okezone.com & Indowebster jadi korban kebakaran server IDC

VIVAnews - Beberapa media online sejak kemarin, 12 Agustus 2012, hingga Senin siang tadi lumpuh akibat kebakaran pada perangkat Uninterruptible Power Supply atau UPS di ruang server gedung Indonesia Data Center (IDC) Jakarta. Ada sedikitnya tiga situs populer yang harus menanggung kerugian akibat kelumpuhan tersebut.


"Ini menjadi pelajaran pemilik website, bahwa semua ada prosedurnya, ke depan, harus ada antarkoneksi jaringan," kata Andrew Darwis, Chief Technology Officer (CTO) dan pemilik Kaskus Network, saat dihubungi VIVAnews, Senin 13 Agustus 2012.

Akibat kebakaran tersebut, Darwis mengatakan beberapa media online seperti Detik.com, Okezone.com, dan Indowebster sempat terganggu sejak Minggu malam. Namun pada Senin siang beberapa website sudah mulai normal kembali. "Peristiwa itu kan bencana internet."

"Okezone sudah normal karena dia mungkin mempunyai data recovery di lokasi lain yang bisa ditransfer," ujarnya.
Lebih lanjut, Darwis berharap jaringan internet Indonesia ke depan dapat saling terhubung, yaitu jaringan exchange OpenIXP dan OpenIIX. "Saling terkoneksi dan terintegrasi untuk mencegah peristiwa sejenis. Harapannya itu interkoneksi, selain kita juga menjaga power maupun listriknya," katanya.

Laman Kaskus, kata Andrew, selamat karena melewati berbagai jaringan lain, termasuk jaringan di server IDC.
Kebakaran melanda kantor IDC, Minggu malam 12 Agustus 2012. Akibatnya, sejumlah server media pun mengalami gangguan. Baca berita lengkap di tautan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar